"MASK DANCER" (MENEMBUS RUANG DAN WAKTU)

BUDI P. M. TOBING, 2019
105 x 70 x 45 cm
Tehnik Modelling, Bahan Polyester Resin, Finishing Pewarnaan Logam White Gold dan Black to Brown

Adakalanya di dalam menjalankan kehidupannya kadang kala dibutuhkan topeng – topeng dengan beragam karakter demi menjawab setiap kebutuhan yang harus dipenuhi, dituntut untuk mampu berperan secara tetap di dalam segala macam situasi. Sebagai pribadi yang berdiri sendiri, mengabdi didalam masyarakat baik sosial maupun karier. Menjadi seorang ibu di dalam kehidupan rumah tangga, serta menjadi pendamping guna mencari nafkah di dalam membantu suami. Untuk penggambaran pada karya dengan besar di belakang figure wanita dengan gestur dan drafer dari kostum yang lebih dinamis dengan memakai topeng dan memegang bentuk kipas memberikan symbol kecerdasan menjalankan peran keistimewaan buat kaum perempuan. Mampu menarikan peran yang indah tanpa disadari orang disekitarnya, bahwa sejujurnya ia sedang berada di dalam 2 (dua) dunia yang lain menembus ruang dan waktu.

"VICTORY" (KEMENANGAN)

BUDI P. M. TOBING, 2020
82,5 x 55 x 40 cm
Tehnik Modelling, Bahan Polyester Resin, Finishing Pewarnaan Logam Black to Brown

Terlepasnya seseorang dari masalah yang menghimpitnya, bagi Sebagian orang adalah sebuah kemenangan. Kemenangan tidak melulu berarti telah mengalahkan lawan didalam sebuah pertandingan, akan tetapi kemenangan yang saya ambil di dalam karya saya ini penggambaran mampu mengalahkan keterbatasan, mengalahkan kedegilan diri adalah suatu kemenangan tersendiri.
Untuk sosok patung yang saya hadirkan merupakan gesture figure seorang wanita didepan lingkaran di kepala yang menjadi titik point.
Dan posisi tangan dan wajah diangkat dan menengadah ke atas adalah perwakilan sikap dri figure itu guna mengsyukuri akan kebebasan di dalam menyelesaikan permasalahan.