Shrine Of Harmony

DHYANI HENDRANTO, 2020
1:46 menit
Video Art

Banyak pengalaman pengalaman ataupun perasaan akan ketidakpuasan ataupun kekecewaan yang dilalui perempuan dalam kehidupannya terutama setelah dia berumah tangga.Kerap kali perasaan tersebut tidak termunculkan karena perempuan cenderung ingin terlihat selalu tegar dan kuat walaupun sebenarnya dirinya menyimpan banyak kekecewaan dan ketakutan.Hal tersebut banyak mereka lakukan demi menjaga harkat dirinya sebagai seorang ibu dan istri ,anggota masyarakat dan juga demi keseimbangan psikologis anaknya yang pada akhirnya perempuan kerap mengabaikan dirinya dan jatuh ke dalam depresi terselubung.


Pengalaman seorang perempuan tidak hanya merupakan proses biologis saja yang sifatnya universal tetapi juga merupakan satu kesatuan pengalaman pengalaman psikis yang individual,antara lain berisikan macam macam ingatan,harapan,kecemasan, ketakutan, trauma trauma, rasa rasa kebahagian dan lain lain. Faktor sosial kultural memberikan nuasa warna tertentu pada pada kehidupan psikis dan fisik kaum wanita.


Perempuan diharapkan sebagai sosok yang mempunyai energi dan mampu menjunjung dan menyandang harkat kewanitaan. Konsep perempuan sebagai sosok yang memiliki kekuatan, atau bahkan menjadi sumber kekuatan ekistensi dirinya untuk mencapai harmoni diri kewanitaannya dengan bantuan Yang Maha Kuasa .

Silent Purgue

DHYANI HENDRANTO, 2020
4:15 menit
Video Art

Karya ini merupakan cerminan dari spirit perjuangan manusia terutama perempuan dalam mempertahankan ekistensi dirinya untuk mencapai harmoni diri kewanitaannya.Dengan motivasi mempunyai konsep diri yang positif, maka perempuan mulai mengembangkan pengertian tentang steriotipe budaya yang berlaku tentang perempuan. Proses ini merupakan usaha dari seorang perempuan memahami realitas di sekitarnya. Sehingga dapat mengembangkan konsep diri yang stabil. 


Setiap manusia termasuk perempuan merupakan individu tunggal yang terpisahkan dari individu lainnya, manusia adalah pengada bebas yang belum jadi yang berproses menciptakan dirinya sendiri. Sebagai pengada bebas, manusia bebas menentukan keberadaannya.Mereka sadar akan dorongan yang mengalir dalam dirinya untuk terus menerus dalam proses pembentukan dirinya dan mempunyai otoritas penuh untuk memutuskan tindakan yang akan dilakukannya. Karena tubuh adalah individu yang memiliki tubuh itu sendiri.


Dengan kemampuan mindfulness dapat membantu umat manusia termasuk para perempuan modern untuk tenang. Membantu mereka membersihkan diri, melatih jiwa mereka dan mennfokuskan diri pada ha positif yang ada momen saat ini, bukan terjebak pada penyesalan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan yang tidak habis-habis.


Kemampuan mereka untuk mencapai mindfulness menjadikan mereka hidup di momen ini, tanpa kekhawatiran berlebih tentang bagaimana masa depan, siapa yang akan menyelamatkan mereka dan lainnya. Kepanikan kadang lebih membunuh daripada situasi yang membahayakan. Perempuan yang cenderung rentan terhadap depresi bisa berpikir jernih mencari jalan keluar tanpa menghabiskan energi untuk khawatir, cemas atau sedih, menerima utuh diri mereka sendiri. Menjadikan mereka hidup di momen ini, tanpa kekhawatiran berlebih tentang bagaimana masa depan, siapa yang akan menyelamatkan mereka dan lainnya.