Di Sini Tempatnya

JAYUS AGUS TONO, 2018

55 x 55 x 150 cm

Mixed media

Negara di Bawah Ancaman Korupsi, Narkoba, Hoax, Kejahatan Lingkungan, serta Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) menjadi ancaman nyata bagi bangsa kita. Per September 2017 saja, dari data Kemendagri ada 33 kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.
Ketika elite eksekutif asyik menilep uang rakyat, bahaya lain yang tak kalah serius, siap merenggut masa depan generasi muda kita. Bukan hanya hitungan kilogram, berton-ton sabu ternyata bebas masuk ke Tanah Air. Pada aspek lain, kebebasan berdemokrasi juga diuji di dunia maya. Media Sosial (Medsos) kini menjelma lebih berbahaya ketimbang senjata api. Hoax menyebar cepat menembus ruang-ruang private, menjelma provokasi, saling hujat, dan caci.
Kebencian pun menyeruak, menjadi sekat keutuhan bangsa yang sejak lama dibesarkan oleh keberagaman. Pertentangan terkait suku ras agama dan antargolongan,meruncing tak terelakkan. Sah kiranya, siapapun, elite kah dia, rakyat jelatakah dia, yang mencoba mecabik ke Indonesian kita, dihukum setimpal. Tanpa ampun…