SELARAS

KOKO SONDAKA, 2019

35 x 28 x 10 cm

Pewter Tembaga plate

Konsep Bentuk dimulai dari Garis Elips atau lingkaran yang kedua ujungnya tidak bertemu namun dipertemukan dengan garis-garis lain antara yang lurus dan yang tidak lurus, diwujudkan dengan media Plat Pewter dilapis tembaga yang di tekuk di bentuk dan di solder. Melalui hasil reka rupa proses pemikiran kreatif, perhitungan, pertimbangan, dengan tujuan untuk menciptakan Bentuk Scluptures atau Patung yang Saya beri Nama “Selaras” nantinya berfungsi sebagai element estetika atau keindahan dalam mengisi tata ruang.
Alasan dan Gagasan:
Selaras adalah: sesuai, senada, cocok, setala, serupa, sama, yang mentaati, tetap, konsekwen, harmoni yang mematuhi, rukun, tepat, konsisten, sejalan, merdu pantas dst. Selaras merupakan bagian dari wujud bentuk karya yang diperoleh dari hasil pembuatan Karya. Namun yang menjadi alasan utama tidak sebatas wujud melainkan gambaran seolah- olah wujud scluptures tersebut nyata dalam kehidupan sehari-hari.

TATAH BUMI

KOKO SONDAKA, 2019

90 x 50 x 20 cm

Batu Andesit

Konsep Bentuk dimulai pipih dibuat kotak 4 persegi panjang, diwujudkan dengan teknik carving kemana maunya imajinasi melalui hasil reka rupa proses pemikiran kreatif, perhitungan, pertimbangan, dengan tujuan untuk menciptakan Bentuk Scluptures atau Patung yang Saya beri Nama “TATAH BUMI” nantinya berfungsi sebagai element estetika atau keindahan dalam mengisi tata ruang.
Alasan dan Gagasan:
Tatah adalah alat carving baik untuk bembentuk media kayu atau batu sedangkan Bumi adalah tempat kita berpijak, dalam bahasa sunda Bumi adalah Rumah.