Seri Jalan Raya

SYAHRIZAL PAHLEVI, 2019
4 panel 30 x 42 cm
cetak cukil kayu dan monotype di atas kertas

Menjelajah jalan raya, mengintip berbagai peristiwa, menikmati pemandangannya.

2 karya ini adalah bagian dari 20 seri cetak cukil kayu reduksi yang merespon salah satu karya Vincent Van Gogh, “Bedroom in Arles. Dikerjakan tahun 2017 sampai 2019.

 

“Bedroom in Arles”
Ini adalah judul dari tiga versi lukisan yang serupa satu sama lain dari pelukis terkenal Vincent Van Gogh berobjekkan kamar tidurnya sendiri dibuat tahun 1888 sampai 1889. Seri ini masih dilengkapi dengan dua buah sketsa berobjek sama pada surat pribadinya untuk adiknya Theo dan temannya pelukis Gauguin. Arles adalah kota keciL terletak di pinggiran utara Perancis dimana Van Gogh tinggal lebih dari setahun disana namun konon menjadi masa produktifnya dengan menghasilkan banyak lukisan dan gambar. Salah satunya adalah 3 versi lukisan “Bedroom in Arles.


Saya mengambil visual yang ada di tiga lukisan Van Gogh tersebut sebagai bahan acuan untuk karya yang saya kerjakan. Sudah menjadi topik umum bahwa karya-karya Van Gogh banyak menjadi objek dalam industri reproduksi karya master yang dikerjakan di seluruh dunia dan “Bedroom in Arles’ menjadi salah satunya yang pavorit dikerjakan/dipesan. Dalam karya-karya saya, “Bedroom in Arles” Van Gogh menjadi bahan menautkan memori, membaca referensi dan melepaskan imajinasi dalam bentuk karya teknik woodcut reduksi dicetak di atas kertas.


Memori: Tahun 1991 – 1993 semasa masih menjadi mahasiswa di jurusan seni lukis ISI Yogyakarta saya pernah bekerja di sebuah galeri di Yogyakarta (Galeri Gajah di kampung Kranggan Yogyakarta) membuat lukisan pesanan berupa reproduksi karya master Eropa termasuk reproduksi karya-karya Van Gogh.


Referensi: Ketika menjalani 2 bulan masa residensi di Guanlan Original Printmaking Base, Shenzhen, China tahun 2017 saya sempat mengunjungi Dafen Artist’s Village, Shenzhen. Ini adalah sebuah tempat terbesar dan terkenal di seluruh dunia sebagai pabrik lukisan reproduksi, termasuk mereproduksi karya-karya Van Gogh. Saya membuat beberapa dokumentasi dan catatan disana.


Melepaskan imajinasi: Topik saya adalah praktek membuat reproduksi lukisan yang pernah menjadi pekerjaan saya dahulu dan saya saksikan lagi ketika berkesempatan berkunjung ke Dafen Artist’s Village, Shenzhen, China. Kisah dan visual dalam lukisan Van Gogh berjudul “Bedroom in Arles” saya ambil sebagai bahan untuk bertualang dan mengembangkan imajinasi dengan elemen-elemen seni rupa. “Bedroom in Arles” dan Van Gogh hanyalah sebuah kasus dimana telah menjadi simbol praktek reproduksi lukisan karya master yang dikerjakan di seluruh dunia.

REkonstruksi Van Gogh # XII dan XII

SYAHRIZAL PAHLEVI, 2019
4 panel 30 x 42 cm
cetak woodcut reduksi di kertas.