PERLAWANAN

WAHYU NUGROHO, 2019
79 X 109 cm
graphite on paper

SETELAH KESULITAN ADA KEMUDAHAN

WAHYU NUGROHO, 2019
79 X 109 cm
graphite on paper

INTUITIVE DRAWING

 

Saat menghadapi bidang gambar, saya tidak punya bayangan atau rencana hendak menggambar ‘apa’. Bekal saya hanya semangat dan niat. Dalam melakukan goresan-goresan garis di atas bidang gambar tidak terikat oleh bentuk-bentuk realistik, atau yang ada dalam ingatan. Proses melakukan goresan-goresan ini hasil dari merespons terhadap garis-garis dan bidang yang telah terbentuk pada tahap sebelumnya. Proses merespons ini dengan mengandalkan tuntunan dari intuisi atau gerak hati.

 

Keyakinan saya, sebebas-bebasnya goresan, terlebih dalam prosesnya ada intensitas penghayatan, sampai tercipta bentuk-bentuk tertentu, kemudian dipertegas dengan gelap-terang, adalah ekspresi dari letupan pengetahuan, pengalaman, bahkan hasil penghayatan dari perjalanan hidup yang tersimpan di alam bawah sadar. Juga mewakili kepribadian dan kondisi kejiwaan.

 

Dalam hal tema, yang terwakili dalam judul, adalah sebagai penanda pada setiap karya, bisa berdasarkan tanggapan atas karya tersebut, atau berdasarkan persoalan yang menyita perhatian pada saat proses berkarya.